Analisis Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi Merek Close Up pada PD Andhika Primajaya di Pontianak
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena penurunan penjualan dan persaingan yang ketat suatu produk. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan Uji F dan Uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil analisis korelasi menunjukkan masing-masing variabel berhubungan secara signifikan. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,701. Hasil dari Uji F adalah 78,321 pada signifikansi 0,05. Sedangkan pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel independen berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel dependen. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa citra merek, promosi dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian Pasta Gigi Merek Close Up pada PD Andhika Primajaya di Pontianak.