Analisis Pengaruh Kinerja Layanan dan Tingkat Kepercayaan Anggota terhadap Minat Menabung pada Credit Union Khatulistiwa Bakti KP Bengkayang di kabupaten Bengkayang
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kinerja layanan dan tingkat kepercayaan anggota pada Credit Union Khatulistiwa Bakti Kantor Pelayanan Bengkayang Dikabupaten Bengkayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anggota yang menabung di Credit Union Khatulistiwa Bakti Kantor Pelayanan Bengkayang Dikabupaten Bengkayang. Dengan sampel sebanyak 100 orang responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Sampling aksidental. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) dari kedua variabel independen mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap minat menabung adalah sebesar 37,1 persen, sedangkan sisanya 62,9 persen dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil pengujian menunjukan bahwa kinerja layanan dan tingkat kepercayaan anggota berpengaruh terhadap minat menabung.