Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Silverqueen pada PT Surya Abadi Persada di Pontianak
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada PT Surya Abadi Persada di Pontianak. Populasi dalam penelitian adalah semua konsumen yang pernah melakukan pembelian produk Cokelat Silver Queen pada 10 swalayan di Pontianak yang telah ditentukan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden berdasarkan metode accidential sampling. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji T. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrument yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari analisis secara keseluruhan menunjukkan masing-masing variabel berhubungan secara signifikan. Hasil pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel kualitas produk dan citra merek berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian.