Pengaruh Daya Tarik Produk dan Kepercayaan terhadap Keputusan Jadi Anggota pada CU Lantang Tipo Cabang Sanggau
Abstract
Kata Credit Union berasal dari bahasa Latin, Credere yang berarti percaya dan Union yang berarti bersatu (mengikat diri dalam suatu kesatuan). Jadi Credit Union berarti kesatuan orang-orang yang saling percaya. Pondasinya adalah kepercayaan dan wujudnya adalah gerakan. Tujuannya adalah untuk saling memberdayakan, memperkuat solidaritas, dan memperkokoh kesejahteraan masyarakat miskin. Credit Union menganut prinsip dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Penelitian ini penulis menggunakan analisis kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, populasi seluruh anggota CU Lantang Tipo Cabang Sanggau, sampel sebanyak 100 orang. Analisis setiap jawaban diberikan bobot dengan Skala Likert dan perhitungan menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil analisis dan pengujian hipotesis H1 diterima dan H2 diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel daya tarik produk dan kepercayaan terhadap keputusan jadi anggota.