KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP PELAYANAN PADA CREDIT UNION KELING KUMANG TEMPAT PELAYANAN KHUSUS SENANING
Abstract
Credit Union Keling Kumang Tempat Pelayanan Khusus Senaning merupakan salah satu koperasi simpan pinjam memiliki permasalahan dalam memberikan pelayanan kepada anggota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan Anggota terhadap pelayanan pada Credit Union Keling Kumang TPK Senaning dan untuk mengetahui persepsi anggota terhadap terhadap pelayanan. Metode penelitian berbentuk deskriptif, dengan tekhnik pengumpulan data: wawancara, kuesioner dan studi dokumenter, serta sampel yang diambil sebanyak 50 anggota menggunakan metode purposive sampling. Dengan karakteristik dilihat dari pendidikan, jenis kelamin, umur, lama menjadi anggota. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.
Berdasarkan penelitian, diketahui pelayanan CU Keling Kumang TPK Senaning, mengenai keandalan responden menyatakan pelayanan kasir sudah cukup baik hanya saja untuk menepati janji yang masih dianggap anggota kurang. Daya Tanggap, untuk menangani masalah yang masih perlu ditingkatkan. Jaminan responden menganggap sudah sangat puas dengan keamanan dan kejujuran staf. Empati responden merasa sudah puas dengan pelayanan staf yang tidak memandang status sosial. Bukti fisik, responden menganggap peralatan, kantor, dan ruang tunggu sudah baik. Saran dari penulis yaitu, adanya penambahan staf karena staf yang ada saat ini masih kurang untuk melayani wilayah yang cukup luas, dan juga sarana yang digunakan harus diperhatikan misalnya motor.