Analisis Perilaku Pembelian Konsumen Terhadap Jasa Penginapan pada Hotel Kini di Pontianak

Authors

  • Hendra Hendra

Abstract

Perilaku konsumen merupakan faktor yang penting yang dapat mempengaruhi proses keputusan konsumen untuk membeli atau mengonsumsi produk atau jasa. Faktor utama yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah faktor lingkungan konsumen dan perbedaan perilaku individu konsumen. Pada penelitian ini faktor lingkungan yang akan dikaji dari jasa penginapan meliputi budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Alasan dan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor perilaku pembelian konsumen terhadap jasa penginapan pada Hotel Kini di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk membuat pencandraan (deskripsi) mengenai situasi-situasi atau kejadian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Sedangkan yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen pada Hotel Kinidi Pontianak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Faktor-faktor yang mendukung terwujudnya kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa penginapan dilihat dari empat faktor yaitu budaya, sosial, pribadi dan psikologis.

Downloads

Published

2016-05-02

Issue

Section

Articles