Kinerja Layanan, Daya Saing Harga dan Minat Berkunjung Kembali pada Harvest Reflexology, Massage dan Body Treatment Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja layanan, daya saing harga dan minat berkunjung kembali pada Harvest Reflexology, Massage dan Body Treatment Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah berkunjung dan melakukan perawatan di Harvest Reflexology, Massage dan Body Treatment Pontianak. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental sampling dan besarnya sampel dijadikan responden yaitu sebanyak lima puluh orang. Data analisis secara kualitatif dimana penulis mengukur data tersebut menggunakan skala likert. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kinerja layanan yang berupa keberwujudan dinilai setuju, kehandalan yang dimiliki dinilai setuju, daya tanggap yang dimiliki dinilai setuju, jaminan dinilai sangat setuju, empati yang dimiliki karyawan dinilai sangat setuju, harga yang ditetapkan dinilai setuju dan minat berkunjung kembali dinilai sangat setuju. Saran yang dapat diberikan yaitu: lebih meningkatkan tenaga kinerja terapis, lebih meningkatkan informasi mengenai jenis perawatan yang akan diambil dan untuk mewujudkan kepuasan konsumen, perusahaan hendaknya selalu memberikan pelatihan dan merekrut sumber daya manusia yang berkualitas.