FAKTOR-FAKTOR KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA CU KELING KUMANG TP MUKOK
Authors
Ester Yunarni
Abstract
Melalui komunikasi yang baik, segala rencana dalam sebuah organisasi akan dapat ditangkap baik oleh bawahan sehingga dapat dijamin pelaksanaan dan keberhasilannya. Selain itu, komunikasi juga merupakan alat untuk penyampaian keputusan-keputusan, aturan-aturan, perintah, instruksi dari atasan kepada seluruh jajaran organisasi, serta alat penyampaian umpan balik dari seluruh jajaran organisasi kepada pemimpinnya. Pencapaian sasaran kinerja karyawan merupakan tanggung jawab bersama atasan dan bawahan sehingga membutuhkan komitmen bersama untuk mencapai terget yang dikehendaki. Tanggung jawab bawahan adalah melaksanakan rencana kinerja yang disepakati dan mengkomunikasikan pencapaian beserta situasi yang dihadapi dalam mencapai sasaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana penerapan komunikasi yang efektif dalam meningkatkan kinerja karyawan pada CU Keling Kumang TP Mukok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang ada pada CU Keling Kumang TP Mukok. Jumlah sampel yang diambil 34 orang dengan menggunakan metode sensus. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.