Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Sakura pada PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Kantor Cabang di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian mie instan merek Sakura pada PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk di Pontianak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa hasil pengisian kuesioner oleh pada responden dengan menggunakan alat analisis Skala Rating. Teknik pengumpulan data adalah Accidental Sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak seratus orang responden. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan bantuan software SPSS Statistic versi 21 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi dan koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrument yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari analisis korelasi menunjukkan masing-masing variabel berhubungan secara signifikan. Hasil pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan menghasilkan variabel kualitas produk dan citra merek memiliki pengaruh dan positif terhadap variabel keputusan pembelian.
References
Adirama, Aldi. “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Universitas Negeri Yogyakarta, (2012), pp.21.
Fransisca,Cindy Tingkir. (2014). “Pengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Toyota”. Jurnal Manajemen Pemasaran,Vol. 8, No. 2, Oktober 2014 Doi: 10.9744/Pemasaran.8.2.62-69 ISSN 1907-235x.
Hartini , Sri. Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.14,No.1. 2012.
Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.
Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.
Tambrin,Mohammad (2010). Pengaruh Brand Image terhadap Pelanggan Kartu Simpati Terhadap Kepuasan Mahasiswa Univrsitas Trunojoyo Madura. Jurnal Studi Manajemen. Vol 4 No 1