Studi Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Kerajinan Tangan di Kota Pontianak)
Abstract
Pada era modern sekarang ini, kegiatan pemasaran produk memerlukan kekreatifan, inovatif, dan berani menghadapi resiko. Persaingan dunia bisnis khususnya pada sektor kerajinan tangan semakin ketat ditandai dengan peningkatan jumlah UMKM kerajinan tangan setiap tahun, UMKM Kerajinan Tangan biasanya menciptakan produk baru yang sangat memberi kesan bahwa produk UMKM Kerajinan Tangan merupakan produk yang berinovatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dari populasi 120 pelaku usaha di kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antar variabel dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan model SPSS 22 (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian secara simultan menunjukkan variabel orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.
References
Djodjobo, Cynthia Vanessa, Hendra N. Tawas. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado.” jurnal emba, vol.2, no.3, 2014.
Gunawan, C.I., Solikhah, S.Q. dan Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era COVID-19. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 9(2), 200-207.
Jayaningrum, Erni. “Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 54 No. 1 Januari 2018
Taleghani, M., S. Gilaninia, dan S.M. Talab. “Relationship between Market Orientation Culture and Business Performance”. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business 5(1), hal: 949-954, 2013.
Urbancova,H. “Competitive Advantage Achievement through Innovation and Knowledge, Journal of Competitiveness”. Hal.82-96, 2013.