SERVUCTION MODEL JASA PENGINAPAN HOTEL GARUDA DI PONTIANAK
Abstract
Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, analisis servuction model sangat baik untuk digunakan dalam mengukur faktor-faktor yang dapat meningkatkan jasa pelayanan didalam sebuah perusahaan yang dapat dilihat oleh konsumen, faktor-faktor inilah yang digunakan konsumen dalam mengukur kinerja perusahaan.Saat ini Hotel Garuda di Pontianak memiliki banyak pesaing yang bergerak dalam bidang perhotelan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor servuction model jasa penginapan yang ada pada Hotel Garuda di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan cara studi survei, dengan objek penelitian pada Hotel Garuda di Pontianak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis servuction model jasa penginapan dengan menggunakan skala likert dan diagram kartesius. Dapat disimpulkan bahwa hasil analisis servuction model secara keseluruhan dapat dikategorikan baik.Walaupun masih ditentukan ada beberapa indikator yang pelaksanaannya belum optimal. Saran yang dapat penulis berikan adalah agar pihak Hotel Garuda di Pontianak bisa terus melaksanakan indikator-indikator yang dianggap pelaksanaannya sudah baik dan memuaskan serta terus memperbaiki mutu pelayanan pada indikator-indikator yang pelaksanaannya belum optimal. Apabila indikator-indikator yang belum optimal saat ini akan menghasilkan suatu kinerja yang baik, maka Hotel Garuda juga harus meningkatkan mutu pelayanan pada indikator-indikator tersebut agar pelaksanaannya bisa baik dan optimal demi tercapainya kepuasan konsumen dalam menikmati jasa yang diberikan oleh pihak Hotel Garuda di Pontianak.