Kinerja Layanan pada Credit Union Keluarga Kudus di Pontianak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja layanan yang dilaksanakan oleh Credit Union Keluarga Kudus di Pontianak.Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Metode Pengumpulan data terdiri dari studi dokumenter, wawancara dan Kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota yang menggunakan jasa layanan yaitu sebanyak 3.196 orang, berdasarkan data tahun 2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Purposive sampling sebanyak seratus orang anggota dengan kriteria sudah lebih dari tiga tahun berdomisili di Pontianak, dan setiap bulan aktif menabung. Teknik analisis data secara kualitatif dengan menggunakan metode analisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja credit union sangat sesuai dengan harapan anggota, dan berdasarkan ranking dari lima dimensi yang diteliti dimensi Jaminan (Assurance) berada di peringkat 1, berwujud (Tangible) berada pada peringat II, Keandalan (Reliability) berada pada peringkat III kemudian dimensi Empati (Empathy) berada pada peringkat IV dan dimensi Daya Tanggap (Responsivenes) berada pada peringkat V.