Pengaruh Komunikasi yang Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Marketing pada PT Sumber Fajar Inti Abadi di Pontianak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi yang efektif dalam meningkatkan kinerja karyawan marketing pada PT Sumber Fajar Inti Abadi di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan dokumenter. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah seluruh karyawan marketing PT Sumber Fajar Inti Abadi di Pontianak yang berjumlah 55 orang pada tahun 2016. Sampel yang diambil berjumlah 50 orang karyawan bagian marketing yang sudah berkerja lebih satu tahun. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif. Hasil penelitian bahwa kejelasan (X1), ketepatan (X2), konteks (X3), alur (X4) dan budaya (X5) secara parsial berpengaruh signifikan dalam meningkatnya kinerja karyawan marketing pada PT Sumber Fajar Inti Abadi di Pontianak. Berdasarkan hasil uji F secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap meningkatnya kinerja karyawan marketing pada PT Sumber Fajar Inti Abadi di Pontianak.