Pengaruh Orientasi Pasar, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Bidang Fashion di Kota Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, kualitas produk dan harga kompetitif terhadap kinerja pemasaran UMKM bidang fashion di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 52 pemilik UMKM bidang Fashion dan jumlah sampel 52 responden. Teknik analisis dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan pengujian uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t dapat disimpulkan bahwa variabel orientasi pasar, kualitas produk dan harga kompetitif berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pada UMKM bidang Fashion di Kota Pontianak.
References
Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.
Kasmiruddin. “Pengaruh Kualitas Produk dan Pengembangan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kerajinan Kecil Rotan Di Kecamatan Rumbai Pesisir”. Jurnal Aplikasi Bisnis, vol 7, 11 – 30. 2016.
Wawo, Fernando L.P, Joyce Lapian, dan Raymond Kawet. “Analisis Kualitas Produk, Promosi dan Distribusi Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT Daya Adicipta Wisesa (HONDA) Watutumou”. Jurnal EMBA, Vol 4, Pp 741 – 750.
Wirawan, Reka Yahya. “Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Batik Di Kabupaten Jombang”. Jurnal Equilibrium, vol 5, 56 – 59.2017.