Kebijakan Promosi terhadap Minat Menabung pada Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui kebijakan promosi terhadap minat menabung di Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumenter dan kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan Skala Likert serta alat analisis yang digunakan analisis kuantitatif dimana hasil jawaban dari kuesioner yang dibagikan kepada 100 orang responden, dikumpulkan dan dihitung menggunakan Skala Likert untuk menghitung sejauh mana kebijakan promosi credit union dan minat menabung responsden. Pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan dari variabel dalam Promotional Mix perikalanan (advertising), tenaga penjualan (personal selling) publisitas (publicity) promosi penjualan (sales promotion) dan minat menabung dikateorikan baik yang mana dapat diterima anggota.