Kinerja Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Pondok Nelayan di Pontianak
Abstract
Perkembangan bisnis usaha kuliner saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang memengaruhi perkembangan usaha di bidang kuliner. Salah satunya adalah dengan semakin maju perkembangan teknologi saat ini, konsumen semakin selektif dan dimudahkan dalam menetapkan destinasi kuliner yang hendak dikunjungi karena bisa mengetahui dengan cepat restoran mana saja yang masakannya enak dan sedang ramai dikunjungi. Dengan adanya perkembangan informasi seperti ini menciptakan peluang-peluang baru yang positif bagi pengusaha-pengusaha dalam memulai di dunia usaha kuliner. Hal positif yang muncul bisa saja berupa suatu genre baru dalam memasak yang diadopsi dari dunia luar maupun restoran yang berfokus pada satu jenis makanan tertentu, misalnya seafood. Salah satunya adalah Restoran Pondok Nelayan di Pontianak. Menyadari ketatnya persaingan dalam bisnis kuliner saat ini, meskipun bukan pemain baru dalam bisnis kuliner di Pontianak, namun Restoran Pondok Nelayan selalu berusaha memuaskan konsumennya agar pelanggannya dapat bertahan dan dapat menarik konsumen baru. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan konsumen merasa puas. Beberapa faktor yang dapat dicontohkan adalah cita rasa makanan yang lezat dan memenuhi selera konsumen, makanan yang disajikan memiliki tampilan menarik, serta lokasi restoran yang mudah diakses oleh konsumen. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah harga makanan yang terjangkau atau bisa juga dari banyaknya variasi menu yang disediakan restoran bagi konsumennya. Namun ada faktor lain yang tidak boleh diabaikan yaitu pelayanan yang diberikan oleh pihak restoran kepada konsumen. Pada penelitian kali ini, penulis ingin membahas topik mengenai kinerja pelayanan yang ada pada Restoran Pondok Nelayan.