Pengaruh Service Quality dan Brand Image terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Penabung pada Bank Mayapada Internasional, Tbk. Cabang Pontianak
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan service quality, brand image pada PT Bank Mayapada Internasional, Tbk. Cabang Pontianak serta pengaruh kebijakan service quality dan brand image terhadap keputusan menjadi nasabah Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausal komparatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuosioner dan studi dokumenter. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Penulis menetapkan sampel dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif menggunakan untuk mengetahui pengaruh dari variabel service quality dan brand image terhadap keputusan menjadi nasabah dengan uji t beserta signifikansinya dan tabel ANOVA untuk mengukur signifikansi variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa variabel service quality yaitu berwujud memiliki nilai rerata tertinggi dan variabel brand image yaitu citra pembuat memiliki nilai rerata tertinggi. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel bebas service quality dan brand image baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh terhadap variabel terikat keputusan menjadi nasabah.