KEBIJAKAN BAURAN PEMASARAN PRODUK PLYWOOD PADA PT ERNA DJULIAWATI PONTIANAK
Authors
Margareta Margareta
Abstract
Bauran pemasaran adalah kombinasi dari variable-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan oleh manajer untuk menjalankan strategi pemasaran dalam upaya mencapai tujuan perusahaan di dalam pasar sasaran tertentu. Variable-variabel yang dapat dikendalikan dari yaitu produk, harga, promosi, dan tempat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kebijakan bauran pemasaran dan implikasi hasil kebijakan yang telah dilaksanakan perusahaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan cara menggambarkan keadaan yang sesungguhnya terjadi yang berhubungan dengan kebijakan bauran pemasaran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dimana penulis hanya menguraikan kebijakan bauran pemasaran dan implikasi hasil kebijakan yang diterapkan perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kebijakan bauran produk dan implikasinya memberikan dampak yang positif. Kebijakan bauran harga dan implikasinya tidak membuat pelanggan industri beralih perhatian terhadap pesaing perusahaan. Kebijakan bauran saluran distribusi dan implikasinya tidak membuat dampak negative. Kebijakan bauran promosi dan implikasinya dapat menginformasikan pasar, menyampaikan perubahan harga, meluruskan kesan yang keliru, dan membangun citra perusahaan. Saran-saran untuk PT Erna Djuliawati Pontianak agar dapat tetap mempertahankan kualitas produk, memberikan diskon, memperluas wilayah saluran distribusi, dan dapat memberikan promosi penjualan dengan potongan harga khusus atau diskon disaat melakukan promosi terhadap produk.