EFEKTIVITAS PELATIHAN KARYAWAN PADA CREDIT UNION KELING KUMANG TEMPAT PELAYANAN PUTUSSIBAU

Authors

  • Benediktus Beni

Abstract

Credit Union Keling Kumang selalu mengirimkan karyawan untuk melakukan pelatihan internal, eksetrnal, dalam negeri maupun luar negeri. Pelaksanan program pelatihan ini  bertujuan meningkatkan wawasan karyawan, dapat bersaing dengan lembaga lainnya, meningkatkan pelayanan kepada anggota, calon anggota serta meningkatkan kinerja karyawan. Yang mempengaruhi efektivitas pelatihan karyawan diantaranya adalah perbaikkan kinerja, peningkatan kualitas, pemecahan masalah dan orientasi terhadap organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakan pelatihan dan  efektivitas pelatihan karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 32 orang. Jumlah sampel yang diambil 30 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Tujuan pelatihan karyawan secara berkesinambungan untuk mencapai visi dan misi. Oleh karena itu, kebijakan pelatihan karyawan memberikan gambaran tentang pekerjaan, pengetahuan, keterampilan dan keahlian di dalam bekerja. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kebijakan pelatihan yang diberikan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhan karyawan. Efektivitas pelatihan karyawan apabila diterapkan pada CU maka akan mengalami perubahan, kurangnya kesalahan kerja, kualitas meningkat,terampil dan sangat berkualitas dalam menangani masalah, dan lebih fokus, dapat memecahkan masalah, promosi jabatan. Saran yang dapat penulis berikan antara lain kebijakan CU Keling Kumang TP Putussibau harus mencantumkan syarat dan standar karyawan yang mengikuti pelatihan tersebut seperti untuk pelatihan eksternal dan internal harus ada syarat tertentu lama kerja, jabatan yang dimiliki dan sesuai dengan kebutuhan CU itu sendiri.

Downloads

Published

2016-09-05

Issue

Section

Articles