Analisis Orientasi Nilai Pelanggan dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Pasian pada Rumah Sakit Santo Antonius Pontianak

Clarissa Secia Angela

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui orientasi nilai pelanggan yang diterapkan dan mengetahui tingkat kepuasan pasienRumah Sakit Santo Antonius Pontianak. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan alat analisis menggunakan skala likert yang metode pengumpulan datanya terdiri dari 100 kuesioner, dan jawaban atas kuesioner akan menjelaskan secara deskriptif dan kualitatif kinerja dan kepuasan pelanggan yang dilihat dari empat dimensi nilai pelanngan (customer value), yaitu: nilai fungsional (kualitas dan harga), nilai sosial, nilai emosional, dan nilai interaksi sosial.pengujianskala likert membagi tingkat kepuasan pelanggan kedalam rentang nilai interval yang memiliki masing-masing penanganannya. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum orientasi nilai pelanggan yang diterapkan sudah cukup baik dalam memahami dan memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan sehingga sudah sesuai dengan harapan pasiendilihat dari hasil skor rata-rata yang dominan berada pada kondisi baik atau pada rentang 5,30 – 6,16.Hal ini menunjukkan pelanggan puas terhadap kinerja Rumah Sakit Santo Antonius Pontianak.

Full Text:

58-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.