Pengaruh Kualitas Hubungan dan Etika Perilaku Tenaga Penjual terhadap Kinerja Tenaga Penjualan di Pontianak

Authors

  • Leona Felisia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas hubungan dan etika perilaku tenaga penjual dalam meningkatkan kinerja tenaga penjualan di Pontianak. Populasi yang diambil adalah para salesman ritel tradisional dan modern dengan sampel sebanyak 140 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan cara wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Teknik pengambilan sampel (sampling) menggunakan teknik purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada tenaga penjualan yang memiliki usia 17 tahun ke atas, memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun dan berdomisili di Pontianak. Teknik analisis data terbagi menjadi dua, yaitu analisis kualitatif dengan menggunakan skala rating dan analisis kuantitatif dengan bantuan program SPSS versi 22 untuk mengolah data. Tahapan analisis data kuantitatif mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, analisis koefisien determinasi (R2), uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas hubungan dan etika perilaku tenaga penjual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan di Pontianak.

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles