Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Kuliner Makanan Ringan di Kota Pontianak
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh, orientasi kewiraushaan, keunggulan bersaing dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian sebanyak 435 pelaku usaha UMKM di kota Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 125 responden berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa analisis statistic dengan bantuan software SPSS Statistic versi 22 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi dan koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrument yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari analisis korelasi menunjukkan masing-masing variabel berhubungan secara signifikan. Hasil pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing dan orientasi pasar berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel kinerja pemasaran.
References
Bakti, Sukma, Harniza Harun. 2011. “Pengaruh Orientasi Pasar Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Maskapai Penerbangan Lion Air.” Jurnal Manajemen Pemasaran Modern.
Djodbojo, cynthia vanessa, and hendra N tawas. 2014. "Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado." Jurnal Emba: 1214-1224.
Echdar, Saban. 2013. Manajemen Entrepreneurship Kiat Sukses Menjadi Wirausaha. Makassar: Cv Andi Offset.
Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.
Kumalaningrum, Maria Pampa. 2012. “Lingkungan Bisnis, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.” JRMB.