Pengaruh Investment Opportunity Set, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batu Bara di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh investment opportunity set, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian adalah Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batu Bara di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013 sampai 2017 sebanyak 22 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang telah IPO sebelum tahun 2013. Sampel yang digunakan sebanyak tujuh belas perusahaan. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Teknik analisis data kuantitatif dengan bantuan software Statistical Product and Service Solution versi 22. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa investment opportunity set berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.