BAURAN PEMASARAN JASA ANGKUTAN BIS ANTAR NEGARA PADA BINTANG JAYA EXPRESS DI PONTIANAK
Authors
Efrie Brilliant Sutanti
Abstract
Alasan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas bauran pemasaran yang dilaksanakan oleh jasa angkutan bis Bintang Jaya Express. Selain itu agar dapat mengatasi kendala-kendala yang dihadapi oleh perusahaan serta bagaimana cara meningkatkan penjualannya dengan menggunakan bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), proses (process), orang (people), dan layanan konsumen (customer service). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran pemasaran apa saja yang dipasarkan, kendala-kendala apa saja yang dihadapi, dan untuk mengetahui apa saja yang dapat meningkatkan penjualan pada Bintang Jaya Express Pontianak. Metode penelitian yang digunakan ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menggambarkan objek penelitian yaitu penumpang bis Bintang Jaya Express Pontianak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Dari ketujuh faktor bauran pemasaran, dari segi produk dinilai baik, harga tiket tidak terlalu mahal, memiliki tempat yang strategis, media promosi yang beragam, pemasar yang berkompeten, proses pemasaran yang tidak terlalu kompleks, dan pelayanan yang memuaskan.