KEBIJAKAN PEMASARAN SPAREPART MOBIL PADA PT DUTA UMINDO ADITYA DI PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pemasaran produk spare part yang telah dijalankan oleh PT Duta Umindo Aditya di Pontianak dan tanggapan pengecer terhadap kebijakan pemasaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 30 responden (pengecer) yang mewakili populasi dan data analisis dengan menggunakan teknik kualitatif.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemasan produk, mutu produk, pelayanan salesman atau perusahaan baik dan adanya jaminan pertukaran pada produk yang rusak. Jenis dan harga produk kurang lebih sama dengan pesaing, potongan harga yang diberikan perusahaan cukup memuaskan dan sebagian besar responden melakukan pembelian secara kredit. Kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan selama ini sudah cukup gencar dan perusahaan pernah mengalami kehabisan persediaan. Beberapa saran yang penulis ajukan antara lain agar perusahaan memberikan potongan harga yang lebih menarik, meningkatkan kegiatan promosi dan meningkatkan pengawasan terhadap produk.