KEBIJAKAN PEMASARAN PRODUK SIMPANAN PADA CU SEMARONG TP SOSOK DI SOSOK

Authors

  • Okta Ratni Fransiska

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya jumlah anggota yang menabung di CU Semarong TP Sosok di Sosok, namun perkembangan jauh dari target yang ditetapkan dan semakin menurun. Untuk dapat menambah jumlah dan menarik minat anggota untuk menabung, perlu diketahui apa yang menjadi hambatan dalam pemasaran produk simpanan terutama yang berkaitan dengan kebijakan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan pemasaran apa saja yang telah diterapkan perusahaan dan tanggapan anggota terhadap kebijakan pemasaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan ini adalah metode penelitian deskriptif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan perumusan deskriptif. Kesimpulan hasil penelitian bahwa dari ketujuh kebijakan pemasaran CU Semarong Sosok yang meliputi kebijakan produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik dan proses sebagian besar sudah cukup baik dan sebagian sudah baik. Saran-saran yang dapat diberikan meliputi perusahaan perlu memperhatikan dan meningkatkan beberapa faktor seperti keberagaman produk, desain produk dan kelengkapan produk.fasilitas parkir, promosi, pelayanan, ketelitian karyawan perlu ditingkatkan dengan pelatihan-pelatihan agar dapat memaksimalkan kepuasan nasabah, kondisi gedung perlu dioptimalkan dengan menambah tampilan, memperbaiki atau memperbesar gedung kantor, dan mempertimbangkan perubahan atau penambahan desain interior serta mempertahankan kebijakan harga dan proses.

Downloads

Published

2016-07-18

Issue

Section

Articles