Analisis Pengaruh Atribut Layanan, Kualitas Informasi dan Daya Tarik Produk terhadap Minat Beli Pelanggan pada Supermarket Kaisar di Pontianak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut layanan, kualitas informasi dan daya tarik produk terhadap minat beli pelanggan. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah semua responden yang pernah berbelanja pada Supermarket Kaisar di Pontianak. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis Skala Likert dengan bantuan Software SPSS Statistic versi 22. Pengujian data variabel dalam penelitian ini dilakukan melalui pengujian uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, uji korelasi berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa atribut layanan, kualitas informasi dan daya tarik produk yang telah dilakukan pengujian menghasilkan hubungan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat beli.
References
Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.
Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell, dan William Wells. 2011. Advertising. Jakarta: Kencana.
Rahardjo, Tri Weda. 2018. Strategi Pemasaran dan Penguatan Daya Saing Batik UMKM. Surabaya: Jakad Publishing.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryati, Lili. 2015. Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.
Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.
Utami, Christina Whidya. 2018. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.