Pengaruh Daya Tarik Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Kini di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik promosi, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menginap pada Hotel Kini di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian sebanyak 19.804 orang yang bertindak sebagai konsumen. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden berdasarkan metode Purposive Sampling. Teknik analisis data berupa analisis Skala Likert. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan SPSS versi 22 yang terdiri dari analisis uji analisis regresi berganda, uji autokorelasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya Tarik promosi, harga dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap.
References
Ariani, D. Wahyu. Manajemen Operasi Jasa. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.
Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran, edisi kedelapan, jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2001.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks, 2005.
Nursiyono, Joko Ade. Kompas Teknik Pengambilan Sampel. Bogor: In Media, 2014.
Sinambow, Sandy, dan Irvan Trang. “Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado.” Jurnal EMBA, vol. 3, no. 3, September 2015, hal. 300-311.
Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Andi Offset, 2019.
Weenas, Jackson R. S. “Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta.” Jurnal EMBA, vol. 1, no. 4, Desember 2013, hal. 607-618.