KUALITAS PELAYANAN JASA PINJAMAN PADA CREDIT UNION KELING KUMANG TEMPAT PELAYANAN NANGA TAMAN
Abstract
Kualitas pelayanan merupakan salah satu bentuk penilaian terhadap tingkat layanan yang diterima anggota pada Credit Union Keling Kumang Tempat Pelayanan Nanga Taman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Jasa Pinjaman Pada Credit Union Keling Kumang Tempat Pelayanan Nanga Taman. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang utama. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Credit Union Tempat Pelayanan Nanga Taman dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Sebagian besar responden tergolong usia produktif dan pria dengan pendidikan rata-rata SLTA dan bekerja sebagai petani. Sedangkan dimensi intangible yang harus diperhatikan adalah mengenai kondisi ruangan pelayanan kredit yang masih belum memberikan rasa nyaman serta lokasi tempat parkir yang belum memadai dan belum dapat memberikan kepuasan bagi anggota.
Disarankan agar Credit Union Keling Kumang Tempat Pelayanan Nanga Taman sebaiknya mendirikan kantor sendiri yang permanen dengan ruangan pelayanan kredit yang nyaman dan lokasi parkir yang memadai, tersedianya Closed Circuit Television (CCTV) di lokasi parkir agar anggota merasa aman dalam memarkirkan kendaraan, meningkatkan kualitas pelayanan jasa pinjaman dengan mengembangkan potensi karyawan melalui pelatihan, seperti Financial Literacy, Customer Service, Account Officer dan sebagainya. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Jasa Pinjaman