KUALITAS PELAYANAN PURNA JUAL TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PD. DATABASE KOMPUTER DI PONTIANAK

Authors

  • Frandyono Frandyono

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan purna jual PD Database Komputer dan mengetahui bagaimana tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan purna jual yang dijalankan PD Database Komputer di Pontianak saat ini. Didalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan objek penelitian yaitu PD Database Komputer di Pontianak. Teknik pengumpulan data yang dipakai berupa observasi, wawancara, dan angket.Variabel dalam penelitian ini adalah keberwujudan(tangibility), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan dan kepastian (assurance), empati (empathy) yang berfokus pada pelayanan purna jual. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapat kelima variabel yang digolongkan dalam empat kuadran dalam kartesius. Secara keseluruhan faktor yang diteliti termasuk ke dalam kuadran A sebanyak tujuh faktor, kuadran B sabanyak dua faktor, kuadran C sebanyak empat faktor, dan kuadran D sebanyak tujuh faktor, adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis kepada PD Database Komputer di Pontianak adalah meningkatkan kinerja karyawannya dengan memberikan beberapa pelatihan untuk meningkatkan kinerja karyawan dan kemampuan karyawan dalam menghadapi permasalahan. Karena banyak variabel yang terdapat dalam kuadran A diagram kartesius menyangkut tentang kinerja, kemampuan, serta kecekatan karyawan.

Downloads

Published

2016-06-08

Issue

Section

Articles